Jumat, 17 Desember 2010

0
Baterai Nuklir Untuk Teknologi Gadget Terbaru..

Add caption
Apakah Anda bosan daya tahan baterai laptop pendek Anda dengan hanya beberapa jam? Apakah Anda seperti biaya telepon selular Anda ke terakhir beberapa bulan? Well, jawaban untuk “Anda doa” mungkin baterai nuklir, yang telah dikembangkan di University of Missouri. Mereka dirancang khusus untuk menyediakan sumber energi abadi. Dan beberapa orang berpikir ini bisa menggantikan baterai yang saat ini, termasuk yang digunakan oleh mobil-mobil listrik. Menurut pencipta, baterai nuklir memiliki kapasitas yang sangat besar untuk menghasilkan listrik bila dibandingkan dengan yang biasa.
Baterai selalu berada di Achilles tendon dari perangkat mobile. Biasanya, para perancang perangkat elektronik untuk konsumsi massa (seperti laptop atau pemutar media) menggunakan display kecil atau layar yang tidak terlalu terang untuk menyelamatkan sumber daya energi langka yang diperoleh dari baterai biasa. Tapi baterai nuklir baru akan membawa solusi berdasarkan semikonduktor cair (bukan dari semikonduktor solid) yang akan menghasilkan hidup yang lebih lama untuk baterai. Alasannya adalah semikonduktor padat diserang terus menerus oleh beberapa unsur radioaktif yang digunakan oleh jenis baterai, sedangkan semikonduktor cair agak tahan terhadap serangan ini. Meskipun istilah “nuklir” bisa menjadi sedikit perturbing, kenyataannya adalah bahwa baterai tersebut tidak sangat berbeda dari baterai yang digunakan dalam, misalnya, alat pacu jantung medis.
Baterai radioisotop baru memiliki ukuran penny dan memberikan kekuatan yang lebihari yang tradisional karena, menurut penelitian, kapasitasnya sangat unggul. Jae Kwon, asisten profesor teknik listrik dan komputer di University of Missouri, mengatakan bahwa baterai radioisotop “dapat menyediakan densitas daya yang enam perintah besarnya lebih tinggi dari baterai kimia”. Artinya, ia menyediakan tak kurang dari satu juta kali biaya yang lebih daripada baterai “normal”.
Kwon dan tim risetnya telah menghabiskan cukup waktu bekerja untuk menyelesaikan banyak masalah yang mereka hadapi ketika mengembangkan jenis baterai. Satu hal penting adalah perlu baterai kecil dan tipis agar praktis dan berguna; cara ini, mereka dapat digunakan untuk jam tangan kekuasaan dan perangkat elektronik kecil. Seperti disebutkan sebelumnya, prototipe (yang dapat anda lihat dalam gambar di bawah) memiliki ukuran dan ketebalan sen, tapi para peneliti berpikir bahwa mereka dapat mencapai baterai yang lebih tipis. Untuk melakukan hal ini, telah Kwon diperlukan kerjasama dari profesor lain: David J. Robertson (kimia profesor dan associate director dari MU Reaktor). Bersama-sama, mereka berharap untuk memaksimalkan kekuatan baterai nuklir serta mengurangi ukuran dan menguji bahan lain untuk membuat perbaikan tambahan. Kwon berpikir bahwa baterai terakhir, yang akan digunakan dalam gadget komersial, bisa lebih tipis dari rambut manusia. Untuk saat ini, tim peneliti membutuhkan sebuah paten sementara untuk melindungi hak eksklusif untuk menggunakan penemuan ini.

0 komentar:

Posting Komentar

 
oepi's top up | © 2010 by DheTemplate.com | Supported by Promotions And Coupons Shopping & WordPress Theme 2 Blog